Selamat Datang di Portal Pendidikan!

Ekskul Pramuka SMPN 1 Sambirejo



Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan. 

Dalam pramuka juga diajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, misalnya jika tersesat di hutan, pramuka mengajarkan cara menggunakan kompas dan peta, memahami tanda-tanda alam, survival, dan cara membuat bivak. Dalam hal kreatifitas, pramuka mengajarkan cara-cara menggunakan benda-benda yang ada disekitar kita, seperti tali, tongkat, dan benda-benda lain. Kegiatan dalam pramuka lebih sering dilakukan di luar ruangan, yang berarti kegiatan dalam pramuka lebih banyak praktiknya. 

Selain memberikan keterampilan prbadi, pramuka juga mengajarkan tentang kebersamaan. Pramuka mengajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain, contohnya dalam kegiatan yang dilakukan secara kelompok. Selain itu, pramuka juga mengajarkan cara berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.
Tak ketinggalan siswa-siswi SMP Negeri 1 Sambirejo, di sekolah mereka juga dididik kemandirian dengan mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Dengan harapan bila mereka besar nanti bisa menjadi sebuah pribadi yang berkarakter dan mandiri.
Share this post :

Posting Komentar

Papan Pengumuman

Apel Bersama Bupati Sragen

Kamis, 06 April 2017, Suasana sedikit berbeda dari hari-hari biasanya di SMP Negeri 1 Sambirejo. Yang hari biasanya kegiatan KBM berjalan...

Paling Sering di Baca

Followers

 
Copyright © 2017. SMP NEGERI 1 SAMBIREJO - All Rights Reserved